Artikel Multimedia


Sejarah Multimedia

Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Didunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
(Wikipedia, 29/9/2016, 08.36)

MATERI MULTIMEDIA

  • Multimedia (multi → banyak;  media→ medium / alat dan cara untuk mengkomunikasikan informasi)
  • Multimedia : penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan text, graphics, audio, video dan animasi dengan menggunakan links dan tools yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, berinteraksi, membuat, dan berkomunikasi 
  • 4 komponen utama multimedia :
  • Komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang dilihat dan didengar oleh pemakai 
  • Links, yang menghubungkan dengan informasi  
  • Navigational tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yang ditampilkan 
  • Cara, untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide pemakai


MENGAPA MULTIMEDIA PENTING 

1. merupakan pemicu (triggers) → pembaca memperoleh sesuatu yang ‘lebih’       dibandingkan topik yang dipelajari
2. Sangat efektif dalam penyampaian informasi
·        Orang retain (mampu mengingat) dari 20% yang dilihat dan 30% yang didengar ƒ
Orang mengingat 50% dari apa yang mereka dengar dan lihat 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENTINGNYA MULTIMEDIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Trip to Vihara Buddhagaya Watugong Semarang